APA ITU SESI Q&A❓

QnA merupakan sesi tanya jawab antara peserta lomba dan panitia. QnA dibagi menjadi dua sesi:

    • Sesi Question (2 Juni – 11 Juni 2019) : Saat sesi Question, peserta diperbolehkan menanyakan pertanyaan apapun kepada panitia lomba. Format pertanyaan dapat dilihat melalui email ketua TIM masing-masing.

    • Sesi Answer (13 Juni 2019) : Sesi Answer adalah jawaban dari pertanyaan-pertanyaan yang telah dikirimkan peserta selama sesi question berlangsung.

 Question & Answer 

  1. Q : Apakah boleh jika menghitung kembali sebagian volume pekerjaan/mengubah agar lebih efisien (value engineering)?

A : Boleh, sekiranya dapat lebih efisien dalam pekerjaan dan penghematan biaya dengan tidak merubah desain dari gambar.

 

  1. Q : Bagaimana jika mengganti jenis lampu diganti dengan LED untuk penghematan energi. (Dengan catatan: kuat lumion yg sama) Apakah di perbolehkan?

A : Diperbolehkan, penjelasan penggunaan dapat di paparkan pada Dokumen Penawaran.

 

  1. Q : Jika dalam tender ini kami menggunakan HSPK terbaru / harga perkiraan kami sendiri apakah di perbolehkan? Dengan catatan harga real dan perbedaan tidak jauh dari HSPK yang di berikan panitia lelang

A : Harus mengikuti HSPK yang di cantumkan untuk kesetaraan perhitungan dengan peserta lain.

 

  1. Q : Durasi pelaksanaan maksimal berapa hari?

A : Durasi pelaksanaan maksimal 12 bulan.

 

  1. Q : Jika ada volume BQ yg tidak sesuai dengan gambar, volume mana yg digunakan? Volume pada Gambar atau BQ?

A : Peserta diperkenankan untuk menggunakan Volume pada Gambar, apabila dirasa volume yang terdapat pada BoQ tidak sesuai dengan gambar.

 

  1. Q : Apakah diperbolehkan jika ada pekerjaan yang disubkontraktorkan? Jika boleh apakah harus diberi keterangan pada proposal?

A : Boleh, diwajibkan untuk diberikan keterangan (kepada siapa pekerjaan disubkontrakan beserta detail-detail lainnya seperti pekerjaan apa yang disubkontrakan), diwajibkan juga untuk membuat Susunan Organisasi Pekerjaan yang disubkontrakan.

 

  1. Q : Volume BQ apakah sudah diperhitungkan waste nya?

A : Volume BQ adalah volume yang terpasang.

 

  1. Q : Apakah ada kualifikasi minimal tenaga teknis yang dibutuhkan?

A : Kualifikasi minimal tenaga teknis ditentukan sendiri oleh peserta sesuai dengan standard yang berlaku pada perusahan-perusahaan konstruksi umumnya.

 

  1. Q : Apakah tidak ada gambar site plan?

A : Panitia tidak memberikan gambar site plan, peserta diwajibkan menggambar site instalation seperti yang terdapat di ketentuan TOR (Silahkan dibaca kembali TOR yang ada untuk detail-detail yang diperlukan dalam menyusun Dokumen Penawaran).

 

  1. Q : Jika terdapat item yang terdapat digambar namun tidak ada di BoQ bagaimana?

A : Apabila item tersebut perlu ditambahkan, silahkan ditambahkan pada pembuatan RAB.

 

  1. Q : Jika ada inovasi metode konstruksi yang belum ada HSP nya, apakah boleh menggunakan analisa mandiri?

A : Panitia memperbolehkan peserta membuat analisa mandiri dengan catatan, peserta wajib memberikan lampiran harga atau dasar pembuatan dalam Dokumen Penawaran (dengan catatan tetap berpacu pada HSPK yang telah diberikan).

 

  1. Q : Berapa perkiraan radius untuk batching plan terdekat diarea proyek?

A : 15 – 25 km.

 

  1. Q : Berapakah elevasi tanah asli diukur dari titik nol nya? Apakah dimulai dari ketinggian jalan?

A : Elevasi tanah aslinya sama dengan ketinggian jalan.

 

  1. Q : Jika pekerjaan tidak terdapat pada HSPK yang tersedia, apakah kita bisa memakai acuan atau referensi sendiri ?

A : Peserta diperkenankan menggunakan HSPK yang lain (hanya untuk pekerjaan yang tidak ada HSPK nya saja) dengan catatan memberikan lampirannya pada saat pembuatan Dokumen Penawaran.

 

  1. Q : Apakah ada format penulisan RAB pada Excel ? Apa peserta yang menetukan sendiri?

A : Format penulisan RAB dapat disesuaikan dengan format BoQ yang telah diberikan oleh Panitia.

 

  1. Q : Softfile yang dikirim apakah dalam bentuk pdf semua atau excel dll?

A : Softfile yang dikirim dalam bentuk PDF sesuai dengan yang telah tercantum pada TOR.

 

  1. Q : Format penulisan makalah (Dokumen Penawaran) apakah sesuai dengan TOR atau di tentukan oleh peserta sendiri?

A : Format penulisan Dokumen Penawaran wajib menyesuaikan dengan format yang telah tercantum pada TOR.

 

  1. Q : Pada BOQ terdapat beberapa pekerjaan (pek. beton dan pondasi) dengan volume “0”. Apakah peserta disuruh hitung sendiri atau ada koreksi panitia?

A : Peserta diperkenankan untuk menghitung sendiri Volume yang bernilai 0 pada BoQ.

 

  1. Q : Berapa nilai HPS dari pekerjaan?

A : Rp 60,923,901,000.00

 

  1. Q : Bagaimana gambaran umum lokasi proyek? Mohon info lebih lanjut mengenai kondisi eksisting. Apakah eksisting merupakan tanah lapang atau bangunan lama? Mohon info lebih lanjut juga mengenai jenis tanah.

A : Lokasi proyek merupakan tanah lapang. Berada di dalam lingkungan kampus Universitas Negeri Malang. Jenis tanah yang berada pada lokasi proyek ini adalah tanah lempung.

 

  1. Q : Untuk durasi yang diajukan nantinya mencakup apa saja? Apakah hanya untuk konstruksi atau termasuk pemeliharaan

A : Durasi yang diajukan cukup sampai tahap Konstruksi.

 

  1. Q : Apakah AHS yang di gunakan harus menggunakan AHS Kota Malang?

A : AHS yang digunakan dianjurkan menggunakan AHS yang telah diberikan.

 

  1. Q : Apakah hardfile yg dikirim itu benar rangkap 2?

A : Ya benar, hardfile yang dikirimkan sebanyak 2 eksemplar (file copy 2).

 

  1. Q : Surat dukungan dari bank itu yang seperti apa?

A : Khusus untuk Surat dukungan dari Bank, dapat ditiadakan.

 

  1. Q : Untuk Penawaran Biaya, apakah harga RAB dapat diubah?

A : RAB sesuai penawaran peserta.

 

  1. Q: Apa yang dimaksud dari daftar pustaka APA STYLE? Apakah itu sumber yg digunakan untuk pengerjaan dan harus dari sumber APA STYLE itu sendiri?

A : Daftar pustaka diketik menggunakan pedoman APA STYLE (American Pysichological Association)

 

  1. Q : Untuk Dokumen Penawaran, Apakah diperkenankan menggunakan background/watermark ?

A : Peserta diperbolehkan menggunakan Watermark atau sebagainya dengan catatan tidak mengubah bentuk/format asli Dokumen Penawaran.

 

  1. Q : Apakah harga yang ditawarkan nanti sudah termasuk pajak?

A : Harga yang ditawarkan sudah termasuk pajak.

 

  1. Q : Apakah peserta boleh mengubah gambar kerja yang diberikan panitia untuk disesuaikan dengan metode yang akan digunakan namun tidak mengubah mutu/kinerja struktural?

A : Tidak diperkenankan untuk mengubah bentuk asli gambar kerja.

  1. Q : Apakah boleh menggunakan beton precast?

A : Selama tidak ada perubahan volume di BoQ, maka peserta diperkenankan menggunakan Beton Precast.

 

  1. Q : Apakah peserta boleh menggunakan koefisien per item pekerjaan sendiri?

A : Diperbolehkan, dengan catatan tetap berdasarkan HSPK yang telah diberikan.

 

  1. Q : Apakah peserta harus menggunakan BoQ yang disediakan pada panitia atau BoQ tersebut hanya sebagai pedoman peserta dalam mengerjakan perhitungan volume?

A : Peserta diharuskan menggunakan BoQ yang sudah ada dalam soal.

 

  1. Q : Bagaimanakah kondisi tanah di lapangangan? Apakah kondisi tanah di lapangan sudah bersih atau perlu pembersihan lagi sebelum dibangun

A : Area lahan butuh pembersihan.

 

  1. Q : Apakah ada ketentuan nilai pagu?

A : Rp 65,000,000,000.00

 

  1. Q : Bahan pagar sementara terbuat dari apa?

A : Peserta boleh menginovasikan sendiri se-efisien mungkin dalam proses pelaksanaan konstruksi.

 

  1. Q : Pada BoQ Arsitektur terdapat ukuran keramik tile 30×60, tetapi pada RKS hanya tercantum ukuran keramik 60×60. Apakah ada acuan lain selain dari RKS?

A : Tetap mengacu pada RKS yang ada.

 

  1. Q : Mengacu dari soal yang telah diberikan pada tim, artinya disitu kita bertindak sebagai pelaksana alias kontraktor ya?

A : Pada perlombaan ini, peserta The 4th Construction Management Competition diharapkan bertindak selayaknya Kontraktor.

 

  1. Q : Apakah soal yang diberikan berbeda-beda pada semua peserta?

A : Soal yang diberikan, sama untuk semua peserta.

 

INGATT !!

Pertanyaan apapun dari peserta yang berkaitan dengan pengerjaan SOAL LOMBA CMC
tidak akan kami jawab setelah sesi Question berakir!!

 



Untuk Informasi Lebih Lanjut :

📸 IG : @civildays.um @hmjtsum
🌏 Web : civildays.sipil.ft.um.ac.id
📬 Email : civildays.ft@um.ac.id

 

📞 Contact Person :

Nabila Nur Azizah           : 0838-4165-0955
Edwin Hansel Pratama : 0812-8725-9214

Kembali