📜 The 3rd National Paper Competition 📜

 



➽ Latar Belakang :

Berdasarkan Badan Pusat Statistik, Indonesia memiliki jumlah penduduk sebanyak kurang lebih 250 juta jiwa. Hal ini menempatkan Indonesia berada pada posisi empat besar sebagai negara dengan jumlah penduduk terbesar di dunia. Peningkatan jumlah penduduk secara pesat berdampak pada peningkatan kebutuhan lahan. Salah satu solusi untuk mengatasi kebutuhan lahan adalah dengan dibangunnya bangunan tinggi untuk memaksimalkan fungsi lahan yang terbatas.

Menurut  Perda No. 5 tahun 2009 tentang Bangunan Gedung pasal 12, bangunan gedung berdasarkan  ketinggiannya dibagi menjadi tiga yaitu, 1) Bangunan gedung bertingkat tinggi dengan jumlah lantai lebih dari 8 (delapan) lantai, 2) Bangunan gedung bertingkat sedang dengan jumlah lantai 5 (lima) sampai dengan 8 (delapan) lantai, 3) Bangunan gedung bertingkat rendah dengan jumlah lantai 1 (satu) sampai dengan 4 (empat) lantai. Dengan demikian, bangunan tinggi adalah bangunan dengan jumlah tingkat lebih dari empat lantai.

Dalam sistem bangunan tinggi, terdapat beberapa sistem utama yang harus bekerja secara terpadu yaitu sistem struktur, arsitektur, mekanikal elektrikal. Sistem bangunan tinggi harus bisa bertahan dari gaya-gaya alami seperti gravitasi, angin dan guncangan gempa. Selain itu,  bangunan tinggi harus memiliiki kualitas penggunaan energi yang baik, sistem transportasi vertikal, tata udara, pencegahan dan penanggulangan bahaya kebakaran, listrik dan pemipaan (Jimmy Juwana, 2005). Dengan demikian, perancangan dan perencanaan bangunan tinggi lebih rumit dibandingkan dengan bangunan bertingkat rendah, karena harus memperhatikan banyak aspek sehingga perlu perhatian yang lebih khusus.

Letak geografis Indonesia berada dalam wilayah Ring of Fire atau bisa disebut dengan cincin api pasifik. Hal itu membuat Indonesia sangat rawan terjadi bencana alam khususnya gempa bumi, gunung meletus dan juga tsunami. Selain itu, posisi kepulauan Indonesia terletak di wilayah tropis dengan curah hujan tinggi sehingga rawan terhadap bencana banjir. Hal ini didukung dengan hasil riset dari  Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) pada tahun 2018 banjir adalah bencana yang paling sering terjadi di Indonesia. Kondisi tersebut menyebabkan perlunya perhatian lebih terhadap perancangan bangunan di Indonesia terutama bangunan tinggi yang memiliki fungsi dan risiko lebih dari bangunan lainnya.

Sebagai rangkaian acara Civil Days 2019, Himpunan Mahasiswa Jurusan Teknik Sipil Universitas Negeri Malang menyelenggarakan The 3rd National Paper Competition Tingkat SMA/SMK/MA sederajat untuk menghimpun dan menyaring gagasan-gagasan kreatif para generasi muda melalui pembuatan karya tulis inovasi dengan tema “Inovasi Bangunan Tinggi pada Daerah Rawan Bencana di Indonesia”

The 3rd National Paper Competition diharapkan dapat menjadi langkah awal menemukan gagasan dan menciptakan inovasi dalam perancangan dan perencanaan bangunan tinggi pada daerah rawan bencana, sehingga gagasan tersebut diharapkan dapat ditindak lanjuti dengan riset dan tinjauan lebih lanjut yang akan dilakukan oleh akademisi di dunia Teknik Sipil.

TEMA :

“Inovasi Bangunan Tinggi pada Daerah Rawan Bencana di Indonesia

➽ SUB TEMA :

    • Inovasi Desain Bangunan Tinggi pada Daerah Rawan Bencana
    • Inovasi Struktur Bangunan Tinggi pada Daerah Rawan Bencana
    • Inovasi Material untuk Bangunan Tinggi pada Daerah Rawan Bencana
    • Inovasi Sistem Evakuasi Bangunan Tinggi

⏰ TIMELINE :

    • 12 April – 31 Juli 2019 : Pendaftaran online dan pembayaran pendaftaran.
    • 29 April – 31 Juli 2019 : Pengumpulan full paper karya tulis ilmiah dalam bentuk softcopy dan hardcopy.
    • 8 Agustus 2019 : Pengumuman 10 besar finalis dan pemberian tugas tambahan berupa pembuatan poster
    • 8 Agustus – 14 Agustus 2019 : Konfirmasi finalis dan pembayaran biaya finalis.
    • 8 Agustus – 22 Agustus 2019 : Revisi karya tulis (dikirim dalam bentuk softcopy)
    • 8 Agustus – 22 Agustus 2019 : Pengerjaan poster dan softfile materi presentasi.
    • 23 Agustus 2019 : Pembukaan Civil Days 2019  dan Technical meeting (pengumpulan poster dan softfile materi presentasi), dan Gala Dinner.
    • 24 Agustus 2019 : Tahap Final : Presentasi Finalis dan Pengumuman Juara.

✍ PENDAFTARAN :

    1. Peserta melakukan pembayaran pendaftaran biaya lomba.
    2. Peserta melakukan pendaftaran secara online disini mulai tanggal 12 April – 31 Juli 2019.
    3. Peserta yang telah melakukan pendaftaran secara online harus melakukan konfirmasi melalui SMS/Whatsapp ke contact person (CP) dengan format:
      NPC_REGISTRASI_Nama Tim_Nama Ketua_Asal Sekolah
      Contoh: NPC_REGISTRASI _Civilian _Cahyana Alviyonika_SMA XXX

✨ HADIAH:

      1. Hadiah juara
          • Juara 1 : Rp. 4.000.000,- + Trofi + Sertifikat juara.
          • Juara 2 : Rp. 2.500.000,- + Trofi + Sertifikat juara.
          • Juara 3 : Rp. 1.500.000,- + Trofi + Sertifikat juara.
          • Kategori Poster : Rp. 500.000,-  + Sertifikat Poster Terbaik.
          • Seluruh peserta yang mengikuti The 3rd National Paper CompetitionCivil Days 2019 akan mendapatkan e-sertifikat.
      2. Keputusan akhir Dewan Juri dan atau panitia tidak dapat diganggu gugat dan final.

📞 CONTACT PERSON :

    • Cahyana : 0857-4548-5902
    • Regi        : 0822-3404-0608

 

 Kembali