🌿The 4th Construction Management Competition🌿

 



➽ Latar Belakang:

Teknik sipil adalah salah satu cabang ilmu teknik yang mempelajari tentang bagaimana merancang, membangun, merenovasi tidak hanya gedung dan infrastruktur, tetapi juga mencakup lingkungan untuk kelangsungan hidup manusia (Hardika, 2014). Dalam dunia perkuliahan, teknik sipil juga menjadi salah satu jurusan yang banyak diminati. Pembelajaran yang diberikan merupakan dasar dari pelaksanaan proyek konstruksi. Proyek konstruksi harus dilakukan secermat mungkin, untuk itu perlu adanya peraturan yang mengatur dan mengikat dari pelaksanaan pengadaan barang/jasa proyek tersebut. Oleh karena itu diberlakukanlah proses tender.

Tender adalah suatu rangkaian kegiatan penawaran yang bertujuan untuk menyeleksi, mendapatkan, menetapkan serta menunjuk perusahaan yang paling pantas dan layak  untuk mengerjakan suatu pekerjaan konstruksi (Alfian Malik, 2010). Dalam prosesnya, tender memiliki tata caranya sendiri. Yang pertama adalah prakuwalifikasi, lalu yang kedua pengumuman pelelangan, ketiga penjelasan pekerjaan, keempat pembukaan tender, kelima proses evaluasi tender, keenam penetapan, dan yang ketujuh pembukaan pemenang. Seiring dengan berkembangnya teknologi, proses tender juga ikut mengalami perkembangan. Proses yang dilakukan secara manual kini dilakukan menggunakan sistem IT. Walaupun prosesnya menjadi lebih mudah dan efisien, tetap saja ada kekurangannya seperti lebih mudahnya terjadi tindak kecurangan pada prosesnya. Tender juga memiliki banyak aspek yang harus diperhatikan agar sesuai dengan kualifikasi proyek konstruksi yang akan dikerjakan, salah satunya merupakan metode pelaksanaan.

Metode pelaksanaan konstruksi merupakan kunci untuk dapat mewujudkan seluruh perencanaan menjadi bentuk bangunan fisik. Pada dasarnya, metode pelaksanaan konstruksi merupakan penerapan konseprekayasa berpijak pada keterkaitan antara persyaratan dalam dokumen tender (dokumen pengadaan), keadaan teknis dan ekonomis yang ada di lapangan, dan seluruh sumber daya termasuk pengalaman kontraktor (I Wayan Jawat, 2017). Kondisi pelaksanaan konstruksi di Indonesia saat ini sedang berkembang, namun masih memiliki beberapa kekurangan. Menurut Angelina Nazalia dan Jane Sekarsari (2019) kekurangan tersebut salah satunya adalah kurangnya kualitas sumber daya manusia dan juga alat yang digunakan sudah tidak layak. Faktor-faktor tersebut yang menyebabkan metode pelaksanaan konstruksi di Indonesia masih perlu ditingkatan dan dilakukan studi kembali dengan mengikuti perkembangan teknologi yang saat ini sedang terjadi agar menghasilkan hasil yang maksimal. Inovasi teknologi pada metode pelaksanaan konstruksi sebaiknya lebih dikembangkan, mengingat inovasi teknologi menjadi salah satu peranan penting dalam peningkatan kualitas sumber dayanya.Dalam serangkaian acara Civil Days 2019, Himpunan Mahasiswa Jurusan Teknik Sipil Universitas Negeri Malang menyelenggarakan The 4th Construction Management Competition: Penerapan Teknologi yang Inovatif untuk Efisiensi Pelaksanaan Konstruksi guna meningkatkan pemahaman mahasiswa terhadap pentingnya penerapan teknologi terkini pada bidang manajemen konstruksi bangunan tinggi dalam Revolusi Industri 4.0.

TEMA:

Penerapan Teknologi Inovatif dan Efisien dalam Pembangunan Infrastruktur Bidang Teknik Sipil

 

⏰ TIMELINE:

    • 17 April 2019 – 31 Mei 2019 : Pendaftaran Lomba
    • 1 Juni 2019 : Publikasi Kata Sandi Berkas Soal
    • 2 Juni – 11 Juni 2019 : Sesi Question oleh peserta
    • 13 Juni 2019 : Sesi Answer oleh panitia
    • 23 Juli 2019 pukul 23.59 WIB : Batas Pengumpulan Dokumen penawaran Keseluruhan Softfile dan Hardfile (2 Eksemplar) oleh Peserta
    • 5 Agustus 2019 : Pengumuman Finalis
    • 6 Agustus 2019 : Batas Konfirmasi Ulang Finalis
    • 5 Agustus – 12 Agustus 2019 : Revisi Dokumen penawaran dan Pembayaran Biaya Finalis
    • 13 Agustus 2019 pukul 23.59 WIB : Batas Pengumpulan Revisi Dokumen penawaran Keseluruhan Softfile dan Hardfile (1 Eksemplar) oleh Finalis
    • 23 Agustus 2019 : Technical Meeting dan Pengumpulan Power Point untuk Presentasi Finalis
    • 24 Agustus 2019 : Presentasi Finalis dan Pengumuman Juara

✍ PENDAFTARAN:

    1. Pendaftaran dilakukan mulai tanggal 17 April 2019.
    2. Pendaftaran dilakukan secara online
      1. ‏‏‏‏‏‏‏‏‏‏‏‏‏‏‏‏‏‏‏‏‏‏‏‏‏‏‏‏‏‏‏‏‏‏‏‏‏‏‏‏‏‏‏‏‏‏‏‏Peserta yang telah melakukan pendaftaran diharapkan untuk melakukan konfirmasi melalui SMS/Whatsapp ke contact person (CP) dengan format CMCDAFTAR_NAMA TIM_ ASAL PERGURUAN TINGGI.
        Contoh:
        CMCDAFTAR_LALA_UNIVERSITAS NEGERI MALANG

✨ HADIAH:

    • Juara 1 : Rp 5.000.000,- + trofi + sertifikat juara
    • Juara 2 : Rp 3.000.000,- + trofi + sertifikat juara
    • Juara 3 : Rp 2.000,000,- + trofi + sertifikat juara
    • Seluruh peserta yang mengikuti The 4th Construction Management Competition akan mendapat e-sertifikat.

📞 CONTACT PERSON:

    • Nabila Nur Azizah           : 0838-4165-0955
    • Edwin Hansel Pratama : 0812-8725-9214

 

Kembali